Ramuan Tradisional Obat Sakit Paru-Paru - Cantik Indonesia - Cantik Indonesia

Ramuan Tradisional Obat Sakit Paru-Paru

Sunday, January 17th, 2016 - Kesehatan

Kesehatan – Penyakit Tuberculosa (TBC) adalah penyakit yang disebabkan oleh baksil TBC dan menyeranparu-paru dalam tubuh. Penyakit ini merupakan penyakit yang dapat ditularkan. Awalnya penderita akan mengalami radang paru-paru dan lama-kelamaan akan berubah menjadi luka. Luka-luka ini akan terlihat ketika Anda melakukan pemeriksaan dengan menggunakan sinar rontgen.fff

Penyakit paru-paru atau TBC akan lebih rentan diderita oleh Anak-anak. Sehingga penyakit ini perlu di waspadai. Tanda-tanda seseorang mengidap penyakit TBC adalah batuk-batuk, terlihat pucat, tubuh berkeringat, nafsu makan menurun serta tubuh akan mudah lelah. Namun, jika kondisinya lebih para, maka akan keluar darah berwarnah merah tua ketika batuk. Batuk darah ini juga dapat keluar melalui hidung, sehingga seolah-olah terjadi mimisan. Kuman TBC dapat menyebabkan pleuritis. Pleuritis adalah keadaan dimana akan ada cairan di sekitar paru-paru dan dinding dada. Oleh sebab itu, penderita akan mengalami sesak nafas.

Cara Menangani Penyakit Penyakit Paru-Paru Atau TBC

Kini Anda telah mengetahui tentang penyakit paru-paru atau TBC, maka Anda juga harus mengetahui bagai mana cara menangani penyakit ini.

  1. Jaga Kebersihan Lingkungan

Penyakit ini memang tergolong penyakit menular. Maka dari itu Anda harus senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar tidak terinfeksi oleh kuman TBC. Anda juga harus menjaga kontak langsung dengan penderita. Ludah penderita TBC sangat banyak mengandung kuman. Oleh sebab itu, ludah penderita sebaiknya ditampung ditempat khusus yang mengandung lisol dan karbol. Demikian pula dengan pakaian, serta alat makan penderita TBC, harus ditempatkan ditempat yang khusus serta dicuci secara terpisah.

  1. Jangan Meminum Minuman Beralkohol

Penderita penyakit TBC tidak diperkenankan meminum minuman beralkohol. Selain itu, penderita juga harus dihindarkan dari segala sesuatu yang dapat menyebabkan penderita menjadi batuk. Seperti merokok, serta makan makanan yang mengandung minyak.

  1. Perbanyak Istirahat

Penderita TBC harus banyak-banyak istirahat, tidak diperbolehkan banyak bicara terlebih dahulu, serta harus dalam keadaan rileks. Jika batuk semakin parah, tidak diperbolehkan untuk tidur terlentang. Berikan susunan bantak agar penderita dapat bersandar dengan rileks.

  1. Makan Sayur Dan Buah
Baca Juga :   Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat

Berikan asupan vitamin dan protein yang cukup untuk penderita TBC. Asupan vitamin dan protein yang banyak bisa Anda dapatkan dari buah-buahan serta sayur-mayur. Karena apabila asupan vitamin dan protein tercukupi, maka sistem kekebalan tubuh penderita akan meningkat.

  1. Periksalah Ke Dokter

Periksakan penderita ke dokter spesialis agar mendapatkan penanganan medis yang memadai. Lakukan pemeriksaan ini secara teratur agar kuman yang telah terinfeksi akan bersih total.

Ramuan Obat Tradisional Untuk Penyakit Paru-paru Atau TBC

Setelah Anda mengetahui cara menangani penderita penyaki paru-paru atau TBC, Anda juga harus mengetahui cara pengobatannya dengan membuat ramuan obat tradisional. Hal ini guna meminimalis rasa sakit bahkan dapat menyembuhkan penderita tanpa harus pergi ke dokter.

  • Ramuan Pertama:

Bahan: Bunga ciplikan, daun ciplukan, buah ciplukan, batang ciplukan,  akar ciplukan dan 3-5 gelas air mineral.

Cara pembuatan: bersihkan semua bahan yang telah disediakan. Kemudian rebus semua bahan sampai mendidih. Setelah matang, saring hingga air bersih dari semua bahan-bahan tesebut. Minumlah tiga kali sehari, sebanyak satu gelas air minum.

  • Ramuan Kedua:

Bahan: satu genggam daun waru serta 3 gelas air mineral.

Cara pembuatan: cuculiah daun waru hingga bersih. Lalu, rebus daun waru hingga mendidih. Biarkan sampai air menjadi  ¾ bagian. Setelah matang, saring air hingga bersih. Diamkan beberapa menit agar air menjadi dingin. Lalu berikan gula dan aduk hingga merata. Minumlah tiga kali sehari, sebanyak  ¾ gelas.

  • Ramuan Ketiga:

Bahan: 3-5 lembar daun jinten. 1 biji pranajiwa, 1 sendok teh daun meniran, 1 jari bidara upas, gula jawa, dan 1 gelas air mineral.

Cara pembuatan: tumbuh kasar  semua bahan . lalu rebus selama 10 menit hingga mendidih. Kemudian, masukkan gula jawa secukupnya kedalam rebusan dan aduk hingga merata. Setelah itu saring rebusan hingga bersih. Minumlah dua kali sehari, sebanyak setengah gelas.

Itulah ramuan obat tradisional untuk penderita penyakit paru-paru atau TBC. Cobalah dan rasakan khasiatnya. Semoga bermanfaat.

 

Ramuan Tradisional Obat Sakit Paru-Paru | Cantik-id | 4.5
%d bloggers like this: